Murifa-Cell adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pengisian pulsa ALL OPERATOR yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan dan menggunakan pulsa secara murah dah cepat. Dengan demikian konsumen tidak harus pergi keluar untuk membeli pulsa. Cukup sms menggunakan hp sendiri seketika akan terisi pulsa. Penasaran klik disini
Selamat Datang Di Murifa-Cell.Blog's

24 Feb 2012

Perawatan Kopling Hidrolis


Proses perawatan dan penyetelan mekanisme Kopling sistem hidrolis.

Unit kopling dan komponen operasional dengan sistem hidrolis pemeliharaannya agak lebih rumit dibandingkan yang sistem mekanik. Namun demikian masih tergolong sederhana dan mudah.
Dalam melakukan pemeliharaan, perlu memeriksa kondisi minyak hidrolis baik kualitas maupun kuantitasnya. Kualitas  terkait dengan berapa lama minyak tersebut telah digunakan, yaitu dengan melihat jumlah kilometer perjalanannya atau dapat juga dilihat dari warna minyak hidrolis. Bila sudah berwarna gelap, berarti minyak sudah waktunya diganti. Ini merupakan salah satu unsur pemeliharaan berkala. Bila sudah pada waktu pengantian, maka minyak perlu diganti dengan yang baru.
Prosedur penggantian minyak hidrolis koplingadalah sebagai berikut:
a).   Siapkan bahan dan alat yang diperlukan minyak hidrolis yang baru, kunci bleeding, slang elastis kecil, dan penampung minyak hidrolis.
b).   Kendorkan baut bleeder
c).    Pasang pipa elastis diujung baut bleeder dan ujung lainnya ke penampung minyak hidrolis.
d).   Tekan pedal kopling beberapa kali sampai dengan minyak yang direservoir habis.
e).   Tuangkan minyak hidrolis yang baru.
f).    Tekan kembali pedal kopling, hingga minyak yang keluar dari pipa elastis keluar minyak yang baru. Jaga minyak yang direservoir agar tidak kehabisan.
g).   Saat diketahui yang keluar pada pipa elastis sudah minyak yang baru, pedal kopling pertahankan pada posisi tertekan.
h).   Keraskan baut bleeder, dan pompalah padal kopling.
i).     Tunggu beberapa saat, dan coba tekan pedal kopling. Bila ringan tidak menggerakan tuas pembebas kopling, berarti sistem kemasukan udara.
j).    Maka lakukan pemblidingan terhadap sistem kopling sampai udara keluar dari sistem.
k).   Ulangi langkah 9). Hingga diperoleh penekanan yang baik.
l).     Tambahkan minyak hidrolis pada reservoir hingga batas maksimum, dan pasang tutup reservoir.
m).  Bersihkan alat dan perlengkapan yang telah dipergunakan.

Selanjutnya proses penyetelan kopling dengan pengoperasian sistem hidrolis, dengan langkah sebagai berikut:
a).   Siapkan alat dan perlengkapan yang diperlukan
b).   Menyetel kebebasan pedal kopling, seperti terlihat pada gambar 25 berikut ini.
 
Gambar 25. Penyetel Pedal kopling sistem hidrolis.

c).   Ukur kebebasan yang ada, sebelum distel.
d).   Hasilnya bandingkan dengan data pada buku service manual
e).    Bila sama, tidak perlu dilakukan penyetelan.
f).   Bila beda lakukan penyetelan pada push rod master silinder.
                   g). Penyetelan kebebasan bantalan tekan, seperti terlihat pada gambar berikut ini.
 
Gambar 26. menyetel kebebasan bantalan tekan

a).   Ukur kebebasan yang ada, sebelum distel
b).   Hasilnya bandingkan dengan data pada buku service manual
c).    Bila sama, tidak perlu dilakukan penyetelan.
d).   Bila beda lakukan penyetelan pada push rod silinder kopling.


3)  Gejala Kerusakan kopling.
Gejala-gejala berikut ini menandakan bahwa terjadi kesalahan pada rangkaian kopling/kopling set (clutch assembly)
a).   Kopling selip
b).   Bergetar
c).    Gerakan kendaraan yang mengejut
d).   Suara berisik yang tidak lazim
e).   Tidak ada gerakan
Dari gejala-gejala di atas dapat dianalisis faktor penyebab, dan proses perawatan atau perbaikannya. Hasil analisis seperti terlihat pada tabel berikut ini.

Gejala-gejala
Penyebab
Perawatan
Perbaikan
1. Kopling Slip
* Gerak bebas pedal kopling berlebihan
Stel kebebasan pedal kopling

* Terdapat oli pada permuka-an disc

Bongkar & bersihkan
*  Permukaan Disc bergelom-bang

Bongkar & gerinda/ ganti
*  Pegas kopling lemah

Bongkar & ganti
*  Kabel kopling berkarat
Lepas beri oli
Lepas & ganti
*  Kapas kopling habis

Bongkar & ganti
2. Kopling ber- getar
*  Permukaan disc mengkilat

Perbaiki/ganti
*  Terdapat oli pada plat kopling

Bongkar & bersihkan atau ganti
*  Dreg Lager menggeser

Bongkar & lumasi atau ganti
*  Pegas kopling lemah

Bongkar & ganti
*  Kelingan kampas lepas

Bongkar & ganti
*  Kontak permukaan disc rusak

Bongkar & gerinda atau ganti
*  Dudukan mesin  atau trans-misi rusak

Periksa & ganti
3.  Gerakan ken-daraan yang mengejut
*  Kebebasan pedal kopling terlalu kecil
Stel kebebasan pedal kopling

*  Keausan pada sambungan pengoperasian kopling
Periksa & ganti

*  Kabel kopling memanjang
Periksa & ganti

*  Minyak rem habis
Periksa & isi

4. Suara berisik yang tidak lazim
*  Dreg Lager rusak

Bongkar & ganti
*  Pilot bearing rusak

Bongkar & ganti
*  Kebebasan pedal kopling berlebihan
Stel kebebasan pedal kopling

5. Tidak ada gerakan
*  Plat kopling habis

Bongkar & ganti
*  Kebebasan Pedal kopling 
Stel kebebasan pedal kopling

*  Baut pemegang unit rumah kopling kendor

Bongkar & keraskan


a.  Rangkuman 3
1).  Kopling dan komponen pengoperasiannya merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi memindahkan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda kendaraan (pemakai/penggunaan tenaga).
2).  Perawatan atau pemeliharaan terhadap suatu perlengkapan termasuk Unit Kopling dan Komponen Pengoperasiannya, dimaksudkan agar perlengkapan kendaraan tersebut dapat berfungsi dan bekerja sebagaimana seharusnya. Dengan proses perawatan yang baik, maka perlengkapan tersebut disamping akan dapat berfungsi dengan baik, juga memungkinkan diketahui terjadinya permasalahan lebih dini.
3).  Proses penyetelan kopling yang perlu dilakukan adalah menyetel kebebasan pedal kopling, yaitu saat pedal tidak diinjak sampai mulai menekan. Fungsi kebebasan kopling ini dimaksudkan agar saat pedal kopling dilepas, unit pengoperasian kopling khususnya bantalan tekan tidak menyentuh unit kopling yang berputar bersama mesin.
4)   Gejala-gejala kesalahan pada rangkaian kopling/kopling set (clutch assembly)
a).   Kopling selip
b).   Bergetar
c).    Gerakan kendaraan yang mengejut
d).   Suara berisik yang tidak lazim
                     e).Tidak ada gerakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda: