Bagaimanakah sebuah sistem transmisi otomatis berbeda dengan sebuah sistem transmisi manual
Secara garis besar sistem transmisi otomatis adalah sama dengan sistem transmisi manual, yaitu mentransfer gaya torsi dari poros engkol mesin ke roda penggerak dalam sebuah kendaraan.
Walaupun demikian, pada transmisi manual, operasi kopling dan pemindahan gigi dilakukan oleh pengemudi. Sedangkan pada sistem transmisi otomatis pemindahan gigi secara ‘otomatis’.
Bagaimanakah sebuah sisitem transmisi otomatis bekerja
Transmisi otomatis bekerja dengan dasar merespon putaran poros engkol (rpm) dan kecepatan putar mesin.
Kemudian hal itu menentukan arah perpindahan gigi dengan menggunakan tekanan oli internal dan katub untuk memindah gigi/gear.
Pada beberapa kendaraan yang lain, komputer digunakan untuk mengontrol arah perpindahan gigi/gear.
Diagram komponen dasar sebuah transmisi otomatis ditunjukkan pada gambar berikut.
Gambar 1. Sistem Transmisi Otomatis
Komponen yang paling penting pada siatem transmisi otomatis adalah :
· Torsi converter
· Gearbox planet
· Sistem kontrol hidrolis/elektronis
Torsi converter
Torsi converter adalah kopling yang berbentuk cairan/minyak yang mempunyai fungsi sama dengan kopling biasa/kering pada sistem transmisi manual.
Prinsip kerja converter torsi
Jika dua kipas angin ditempatkan saling berhadapan satu sama lain, dan salah satu kipas angin dinyalakan, angin yang ditimbulkan akan menggerakkan sirip kipas angin satunya(kipas angin yang tidak dinyalakan) dan akhirnya keduanya berputar.
(lihat Kegiatan 4, pada pertanyaan 5 pada buku kerja)
Gambar 2. Prinsip Kerja Converter Torsi
Apa yang terjadi dengan sistem transmisi atomatis adalah mirip dengan kejadian di atas. Kipas angin digantikan dengan dua roda yang bersirip. Dua roda bersirip tersebut diletakkan saling berdekatan dalam sebuah casing yang berbentuk lingkaran dan dibautkan pada roda gila (flywheel) mesin. Casing tersebut diisi dengan minyak/oli yang berfungsi sebagai medium menggantikan fungsi angin dalam gambaran kerja dua kipas angin.
Roda yang pertama disebut dengan impeller yang digerakkan oleh mesin. Sirip-sirip impeller akan menggerakkan oli, kemudian oli akan menggerakkan sirip-sirip roda satunya yang disebut dengan turbin. Kejadian ini yang menyebabkan turbin berputar. Kemudian turbin menggerakkan gigi/gear dan tenaga disalurkan melalui gearbox ke roda penggerak kendaraan.
Bagaimana converter torsi bekerja
Impeller dan turbin disusun secara berdekatan dan berhadapan satu sama lain. Pada saat mesin berputar, impeller berputar dengan flywheel mesin. Minyak (oli transmisi otomatis) terlontar dari sirip-sirip impeller memutar sirip-sirip turbin.
Pada saat mesin berputar lambat, gaya oli tidak cukup kuat untuk memutar turbin. Dan selama mesin berakselerasi, poros engkol dan impeller berputar semakin cepat. Semakin besar rpm semkin kuat oli yang memutar sirip turbin. Tekanan oli memaksa turbin berputar, sehingga memutar gear yang pada akhirnya memutar roda penggerak.
Sebuah roda kecil yang disebut stator, berfungsi untuk mengalirkan kembali oli dari turbin ke impeller untuk meningkatkan efisiensi ‘converter torsi’.
Gambar 3. Komponen sebuah torsi converter
Pelipatgandaan Torsi
Pelipatgandaan torsi adalah kemampuan sebuah converter torsi dalam meningkatkan besarnya gaya torsi yang dikenakan pada poros input transmisi. Hal ini terjadi jika impeller berputar lebih cepat dari pada turbin.
Sebagai contoh, pada saat mesin berakselerasi dengan cepat, rpm mesin dan impeller meninggkat secara cepat, turbin dalam keadaan berputar lambat/hampir stasioner.
Pelipatgandaan torsi dalam keadaan ini adalah maksimum.
Jika kecepatan putar impeller semakin dekat dengan kecepatan putar turbin, pelipatgandaan torsi semakin berkurang.
Planetary gearbox
Transmisi otomatis menggunakan satu atau lebih set roda gigi planetary yang digabung. Roda gigi planetary disusun oleh :
· Sebuah roda gigi matahari
· Roda gigi planet
· Sebuah pembawa/dudukan roda gigi planet
· Sebuah roda gigi cincin atau annulus
Gambar 4. Set roda gigi planetary
Dengan menggunakan berbagai komponen dalam planetary gearbox dan komponen lain yang berputar, rasio gigi diperlukan oleh sebuah kendaraan untuk mengcover semua kondisi pengemudian.
Sistem hidrolis
Adalah sistem kontrol yang mendeteksi kondisi/keadaan pengemudian(kecepatan mesin, beban kendaraan dan kecepatan kendaraan) dan menyalurkan minyak ke kopling dan bands yang sesuai.
Kopling dan bands
Kopling dan bands adalah komponen yang memutar dan menumpu komponen-komponen pada gear set sehingga didapatkan rasio gear/gigi. Tergantung pada jenis kendaraannya, dapat dioperasikan secara hidrolik, mekanik atau secara elektrik.
Komponen Utama pada Sistem Transmisi Otomatis dan Fungsinya
Converter torsi | Menyalurkan atau melepaskan gaya torsi dari mesin ke transmisi |
Poros input | Menyalurkan tenaga dari converter torsi ke internal drive parts dan gear set |
Pompa oli | Memompa oli ke sekeliling transmisi untuk pelumasan dan pendinginan. Juga membangkitkan tekanan oli untuk mengoperasikan komponen hidrolik pada transmisi |
Bodi katup | Mengontrol aliran oli ke piston dan servo |
Bands | Menyalurkan dan melepas gaya kelem pada komponen-komponen gear set |
Kopling | Menyalurkan dan melepas tekanan putar pada komponen-komponen gear set |
Planetary gear set | Menyediakan rasio gear yang berbeda dan gear mundur |
Poros output | Menyalurkan gaya torsi dari gear set menuju poros propeller dan roda penggerak |
Gambar 5. Skema komponen transmisi otomatis
Transmission mainsaft, forward clutch, low and reverse clutch and output saft
350 Turbo hydra-matic transmission
Ref No. | Part Name | Group |
1 | Saft-Transmission input………………………………………………….. | 4.123W |
2 | Housing ASM. – Forward clutch………………………………………… | 4.169W |
3(a) | Seal – Forward clutch piston, Inner…………………………………….. | NSS |
4(a) | Seal – Forward clutch piston, Outer……………………………………. | NSS |
5 | Piston – Forward clutch………………………………………………….. | 4.166W |
6 | Spring & Seat ASM. – Forward clutch piston return spring seat……. | 4.164W |
7 | Ring – Forward clutch piston return spring seat……………………… | 4.164W |
8 | Washer – Input ring gear thrust, Front………………………………….. | 4.158W |
9 | Gear ASM. – Input ring ………………………………………………….. | 4.158W |
10 | Bush – Input ring gear……………………………………………………. | 4.158W |
11 | Spring – Forward piston cushion………………………………………... | 4.164W |
12 | Plate ASM. – Forward clutch drive ……………………………………... | 4.163W |
13 | Plate – Forward clutch drive …………………………………………….. | 4.163W |
14 | Ring – Forward clutch pressure plate retainning……………………… | 4.164W |
15 | Plate – Forward clutch driven…………………………………………… | 4.163W |
16 | Bearing – Output carrier…………………………………………………. | 4.176W |
17 | Carrier ASM. – Output planet…………………………………………… | 4.175W |
18 | Bush – Output saft……………………………………………………….. | 4.176W |
19 | Gear ASM. – Transmission input sun………………………………….. | 4.159W |
20 | Bush – Sun gear…………………………………………………………... | 4.159W |
21 | Ring – Sun gear shell retainer…………………………………………… | 4.159W |
22 | Shell – Sun gear drive……………………………………………………. | 4.159W |
23 | Washer – Sun gear thrust………………………………………………... | 4.158W |
24 | Washer – Sun gear shell rear…………………………………………… | 4.158W |
25 | Race – Low & reverse overrun clutch………………………………….. | 4.180W |
26 | Clutch ASM. – Low & reverse overrun…………………………………. | 4.180W |
27 | Ring – Low & reverse overrun clutch retaining………………………… | 4.180W |
28 | Ring – Low & reverse clutch support retaining………………………… | 4.180W |
29 | Support ASM. – Low & reverse clutch …………………………………. | 4.162W |
30 | Plate – Low & reverse clutch drive……………………………………… | 4.163W |
31 | Carrier ASM. – Reaction planet…………………………………………. | 4.175W |
32 | Bearing – Output ring gear thrust, Front……………………………….. | 4.176W |
33 | Gear – Output ring ……………………………………………………….. | 4.175W |
34 | Bush – Case to output shaft……………………………………………... | 4.104W |
35 | Bearing – Output ring gear thrust, Rear………………………………… | 4.176W |
36 | Ring – Low & reverse clutch piston return spring seat retainer……… | NS |
37 | Plate – Low & reverse clutch reaction………………………………….. | 4.163W |
38 | Spring – Low & reverse clutch support retaining | 4.180W |
39 | Seat ASM. – Low & reverse clutch piston return, with spring………... | NS |
40 | Piston – Low & reverse cluch……………………………………………. | 4.166W |
41 | Seal kit – Low & reverse clutch piston………………………………….. | 4.166W |
42 | Ring – Output carrier to output shaft……………………………………. | 4.176W |
43 | Bush – Output shaft………………………………………………………. | 4.176W |
44 | Shaft ASM. – Output……………………………………………………… | 4.175W |
45 | Clip – Speedometer drive gear retaining……………………………….. | 4.343W |
46 | Gear – Speedometer drive………………………………………………. | 4.343W |
Variasi dalam Sistem Transmisi Otomatis
Variasi yang umum adalah transmisi penggerak empat roda dan variable belt transmisi.
Alternatif nama untuk komponen sistem trasmisi otomatis
Torque converter(converter torsi) ……….fluid couplin, fluid flywheel
Pemeriksaan Komponen pada Transmisi Otomatis
Kesalahan/ketidak beresan transmisi – gejala yang mungkin timbul
Gejala-gejala di bawah ini yang menunjukkan terdapatnya ketidakberesan pada sistem transmisi otomatis dalam kendaraan :
· Bunyi yang menyentak pada saat pemindahan gigi/gear
· Kebocoran oli
· Getaran
· Kendaraan tidak mau berjalan
· Tidak dapat berpindah gigi
· Pemindahan gigi yang kasar
· Tidak dapat berjalan mundur
· Bunyi mesin yang gaduh
Masalah-masalah di lapangan
Anda kemungkinan diminta untuk menyediakan komponen secara individual (bukan satu set) seperti sebuah impeller, turbin atau stator untuk sistem transmisi otomatis. Pelanggan akan mendapatkan keuntungan yang lebih jika membeli komponen dalam satu set daripada komponen secara individu. Komponen secara lengkap (kits) dibuat dan dijual oleh berbagai pabrikan.
Dapat juga pelanggan berkeperluan membeli minyak transmisi otomatis.
Sumber informasi yang anda butuhkan adalah :
· Buku manual servis
· Buku petunjuk bengkel kerja
· Buku pengantar dari pabrik
Informasi mengenai hal-hal khusus yang perlu anda ketahui adalah :
· Tipe minyak/oli
· Banyaknya oli yang perlu diisikan (refill)
· Termasuk/tidak termasuk convertor
Hal-hal yang berhubungan
Hal-hal yang berhubungan dengan komponen transmisi otomatis adalah:
· Service kit
· Bearings
· rings
· Gasket
· Oli/minyak transmisi
· Filter
· Buku servis
· Peralatan servis
· Bands
· Plat kopling
· Dudukan transmisi(transmission mounting)
· Saklar netral(neutral safety switch)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar Anda: