Murifa-Cell adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pengisian pulsa ALL OPERATOR yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan dan menggunakan pulsa secara murah dah cepat. Dengan demikian konsumen tidak harus pergi keluar untuk membeli pulsa. Cukup sms menggunakan hp sendiri seketika akan terisi pulsa. Penasaran klik disini
Selamat Datang Di Murifa-Cell.Blog's

11 Jun 2012

Dahsyatnya Puasa Senin dan Kamis

Diantara puasa sunnah yg dianjurkan Rasulullah SAW. adalah puasa senin kamis. Jika dihubungkan dgn waktu, puasa senin kamis adalah puasa yg terdapat disetiap pekan. Ada dua hadist yg menegaskan:
Pertama: hadist dari Abu Hurairah ra. yang meriwayatkan bahwa Nabi SAW. paling sering berpuasa senin kamis, ketika hal itu ditanyakan kepadanya, beliau menjawab; '' Seluruh amal dibentangkan pada hari senin dan kamis.Ketika itulah Allah mengampuni setiap muslim kecuali yg melakukan dosa secara terang terangan. Allah berkata, ''Tidaklah untuknya''. {HR.Ahmad dgn sanad sahih}.
Kedua: Hadist dari Abi Qatadah al-Anshariy ra, bahwa: ''Rasulullah SAW. pernah ditanya tentang puasa pada hari Arafah, Beliau menjawab: Puasa itu menghabus dosa tahun yg lalu dan tahun yg akan datang. Dan Beliau ditanya tentang puasa Asyura, Beliau menjawab: Puasa itu menghabus dosa tahun yg lalu. Beliau ditanya lagi tentang puasa senin kamis, lalu Beliau menjawab: Pada hari itu adalah hari dimana aku dilahirkan, aku dijadikan seorang utusan {Rasul}, dan pada hari itu juga aku menerima wahyu''.{HR.Muslim}.
Adapun hikmah didalam nya dalam hadist Nabi yg berbunyi: ''Disurga ada pintu bernama rayyan. Hanya orang orang yg berpuasa saja yg dapat masuk pintu itu, selain orang yg berpuasa tidak ada yg dpt memasukinya.{HR.Bukhari, Muslim}.
''Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara''.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.
''Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separo kesabaran''.{HR.Ibn Majah}.
Dengan membiasakan puasa senin kamis bisa menjadikan seorang hamba semakin dekat dgn Sang Kholiq, dan merupakan ikatan janji seorang muslim kepada Allah SWT. dimana ketaatan pada-NYA akan terus berlangsung , tidak hanya pada bulan Ramadhan saja.
Lalu, apakah keutamaan puasa yang berkelanjutan seperti puasa Senin Kamis ini ?
Keutamaan yang pertama ialah karena puasa Senin Kamis melatih kita secara teratur untuk menghindarkan diri dari pekerjaan dosa. Kalau ada latihan efektif untuk ‘anger management’ atau latihan kesabaran, maka itulah puasa. Karena itu, cocoklah jika dikatakan bahwa puasa adalah zakat jiwa, dimana pada saat puasa, kita membuang perangai buruk. Sehingga sesudah puasa, emosi dan spiritual kita menjadi lebih bersih.
Dengan menghilangnya perangai buruk kita, minimal seminggu dua kali, maka bisa juga dikatakan bahwa ”Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara”.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.
Keutamaan yang kedua ialah karena puasa Senin Kamis bisa meningkatkan amalan kita. Biasanya, seseorang yang kekenyangan dan keenakan cenderung malas beribadah. Puasa menjadikan kita lebih produktif dalam beribadah karena selain kita tidak lagi dalam posisi keenakan, orang yang berpuasa juga cenderung ingin beribadah ekstra.  Disamping itu, puasa bisa melembutkan hati. Ini karena dengan puasa, kita cenderung lebih berempati dengan orang-orang yang lebih tidak beruntung dibanding kita. Karena itu, puasa bisa menjadikan kita lebih dekat dengan Allah dan lebih bertakwa.
Tidaklah salah kalau dalam Quran disebutkan bahwa puasa diperintahkan pada kita dan orang2 sebelum kita supaya kita menjadi orang yang bertakwa (Al Baqarah 183).
Selain dari keuntungan dari segi emosional spiritual seperti yang dijelaskan diatas, puasa juga memiliki keutamaan dari segi kesehatan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa saat ini sudah ada banyak riset yang menyimpulkan bahwa puasa yang teratur itu baik untuk kesehatan.
Manfaat kesehatan dari puasa yang paling populer adalah puasa bisa dibilang sebagai cara ampuh untuk membatasi kalori yang masuk ke tubuh kita. Dalam Islam dan bidang kedokteran, dianjurkan untuk tidak makan berlebihan, karena makanan yang berlebih dan tidak sehat bisa menimbulkan penyakit. Lihat saja masyarakat di negara makmur yang mana makanan berlimpah. Selain tingkat obesitas tinggi, masyarakat negara-negara tersebut banyak yang mengidap diabetes dan jantung yang notabene sering dijuluki sebagai penyakit orang kaya.  Dengan puasa Senin Kamis, paling tidak, dalam dua kali seminggu, kita membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita.
Manfaat lain dari puasa ditinjau dari segi kesehatan yang juga banyak dipopulerkan adalah fungsi pembersihan dan penyembuhan. Dengan istirahatnya sistem pencernaan kita selama puasa, maka memungkinkan sistem2 lain di tubuh kita untuk bekerja dengan lebih baik, misalnya sistem imunitas. Inilah sebabnya mengapa orang yang sakit atau binatang yang terluka suka menolak makan. Andaikata kita tidak sedang sakit pun, polisi imunitas bekerja keras saat kita puasa. Jika polisi-polisi ini mendeteksi hal-hal yang kira-kira nanti bisa membuat kita sakit atau hal-hal abnormal, seperti tumbuhnya kista atau tumor, maka pada hari kita puasa, mereka bisa memberantasnya. 
Masih banyak lagi manfaat kesehatan dari puasa, misalnya puasa bisa  menghindari atau mengurangi diabetes dan penyakit vascular seperti jantung. Yang jelas, kala Sang Pencipta kita mewajibkan kita puasa minimum setahun sekali selama Ramadhan, Dia tahu bahwa puasa itu baik bagi kita. Bayangkan dahsyatnya puasa kala kita bisa merutinkannya seminggu dua kali seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah.
Semoga kita bisa meneladani apa yg diperbuat dan di syariatkan Nabi SAW. agar dapat menggapai hikmah-hikmahnya hingga kehidupan akan jauh lebih bermakna. Semoga bermanfaat....Amin.....!

diambil dari;http://candradwiandika.blogspot.com dan http://lp3i.tarbiyah.uin-malang.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda: